Sabtu, 08 Maret 2014

KDPK 1 PRINSIP KEBUTUHAN DASAR MANUSIA HOMEOSTATIS DAN HEMODINAMIK


KDPK 1
PRINSIP KEBUTUHAN DASAR MANUSIA
HOMEOSTATIS DAN HEMODINAMIK
A.    Homeostatis
Homeostatis merupakan suatu keadaan tubuh untuk mempertahankan keseimbangan dalam mempertahankan kondisi yang dialaminya. Proses homeostasis ini dapat terjadi apabila tubuh mengalami stress yang ada sehingga tubuh secara alamiah akan melakukan mekanisme pertahanan diri untuk menjaga kondisi yang seimbang, atau juga dapat  dikatakan bahwa homeostatis adalah suatu proses perubahan yang terus-menerus untuk memelihara stabilitas dan beradaptasi terhadap kondisi lingkungan sekitarnya.
Homeostatis yang terdapat dalam tubuh manusia dapat dikendalikan oleh suatu system endokrin dan syaraf otonom. Secara alamiah proses homeostatis dapat terjadi dalam tubuh manusia.
Dalam mempelajari cara tubuh melakukan proses homeostatis ini dapat melalui  4cara yaitu :
1.      Self regulation
System ini dapat terjadi secara otomatis pada orang sehat dalam proses system fisiologis tubuh manusia.
2.      Cara kompensasi
Tubuh akan cenderung bereaksi terhadap ketidaknormalan dalam tubuh. Sebagai contoh, apabila secara tiba-tiba lingkungan menjadi dingin, maka pembuluh darah perifer akan mengalami konstriksi dan merangsang pembuluh darah bagian dalam untuk meningkatkan kegiatan misalnya menggigil yang dpat menghasilkan panas sehingga suhu tetap stabil, pelebaran pupil untuk meningkatkan persepsi visual pada saat terjadi ancaman terhadap tubuh , peningkatan keringat untuk mengontrol kenaikan suhu badan.
3.      Cara umpan balik negative
Proses ini merupakan penyimpangan dari keadaan normal. Dalam keadaan abnormal tubuh secara otomatis akan melakukan mekanisme umpan balik untuk menyeimbangkan penyimpangan yang terjadi.
4.      Umpan balik untuk mengoreksi ketidakseimbangan fisiologis.
Sebagai contoh apabila seseorang mengalami hipoksia akan terjadi proses peningkatan denyut jantung untuk membawa darah dn oksigen yang cukup ke sel tubuh.
Homeostatis psikologis berfokos pada keseimbangan emosional dan kesejahteraan mental proses ini didapat dari pengalaman hidup dan interaksi dengan orang lain serta dipengaruhi oleh norma dan kultur masyarakat. Contoh homeostatis psikologis yaitu mekanisme pertahanan diri seperti menangis, tertawa, teriak, memukul.

B.     Homeodinamik
Homeodinamik merupakan pertukaran energy secara terus-menerus antara manusia dan lingkungan sekitar. Pada proses ini manusia  tidak hanya melakukan penyesuaian diri, tetapi terus berinteraksi dengan lingkungan agar mampu mempertahankan hidupnya.
Proses homeodinamik bermula dari teori tentang manusia sebagai unit yang merupakan satu kesatuan yang utuh, memiliki krakter yang berbeda-beda, proses hidup yang dinamis, selalu berinteraksi dengan lingkungan yang dapat dipengaruhi dan mempengaruhinya, serta memiliki keunikan tersendiri dalam proses homeodinamik ini.
Adapun beberapa prinsip homeodinamik adalah sebagai berikut :
1.      Prinsip integritas.
Prinsip utama dalam hubungan dalam manusia dengan lingkungan yang tidak dapat dipisahkan. Perubahan proses kehidupan ini terjadi secara terus-menerus karena adanya interaksi manusia dengan lingkungan yang saling mempengaruhi.
2.      Prinsip resonansi
Prinsip bahwa proses kehidupan manusia selalu berirama dan frekuensinya bervariasi, mengingat manusia memiliki pengalaman beradaptasi dengan lingkungan.
3.      Prinsip helicy.
Prinsip bahwa setiap proses perubahn dalam proses kehidupan manusia berlangsung perlahan-lahan dan terdapat hubungan antara manusia dan lingkungan.

KONSEP KEBUTUHAN DASAR MANUSIA
Kebutuhan dasar manusia  adalah unsur-unsur yang dibutuhkan manusia dalam mempertahankan keseimbangan fisiologis maupun psikologis, yang tentunya untuk  mempertahankan kehidupan dan kesehatan. Kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow teori dalam hierarki kebutuhan menyatakan bahwa setiap manusia memiliki 5 kebutuhan dasar yaitu kebutuhan fisiologis, keamanan, cinta, harga diri, dan aktualisasi diri ( Sumber : Potter And Patricia, 1997).
Ciri kebutuhan dasar manusia
Manusia memiliki kebutuhan dasar yang bersifat  heterogen. Setiap orang umumnya memiliki kebutuhan dasar yang sama, akan tetapi terdapat perbedaan budaya, maka kebutuhan  tersebutpun berbeda-beda. Dalam memenuhi kebutuhannya, manusia menyesuaikan diri dengan prioritas yang ada. Lalu jika gagal memenuhi kebutuhannya maka manusia akan berfikir lebih keras dan bergerak untuk memenuhi kebutuhannya.
Factor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Dasar Manusia
Kebutuhan dasar manusia dipengaruhi oleh berbagai factor, diantaranya adalah :
·         Penyakit
Adanya penyakit dalam tubuh dapat menyebabkan perubahan pemenuhan kebutuhan, baik secara biologis maupun fisiologis, karena beberapa fungsi organ memerlukan pemenuhan  kebutuhan lebih besar daripada biasanya.
·         Hubungan Keluarga
Hubungan keluarga yang baik dapat meningkatkan pemenuhan kebutuhan, dasar karena adanya saling percaya, merasakan kesenangan hidup dll.
·         Konsep Diri
Konsep diri anusia memiliki peran dalam pemenuhan kebutuhan dasar. Konsep diri yang positif dapat memberikan makna dan keutuhan bagi seseorang. Konsep diri yang sehat dapat memberikan perasaan positif terhadap diri sendiri. Orang yang merasa positif terhadap diri-sendiri akan mudah berubah, mudaah mengenali kebutuhan dan mengembangkan cara hidup yang sehat, sehingga mudah memenuhi kebutuhan dasarnya.
·         Tahap Perkembangan
Sejalan dengan meningkatnya usia, manusia mengalami perkembangan, setiap tahap perkembangan tersebut memiliki tingkat kebutuhan yang bebeda, baik kebutuhan biologis, psikososial, social, maupun spiritual, mengingat fungsi organ tubuh juga mengalami proses kematangan dengan aktifitas yang berbeda.
·         Kebutuhan Dasar Menurut Abraham Maslow
Dikenal dengan Teori Hierarki Kebutuhan Dasar Manusia
1)      Kebutuhan Fisiologis
Adalah kebutuhan paling dasar, yaitu kebutuhan oksigen, cairan dan elektrolit, nutrisi, keseimbangan suhu tubuh, eliminasi, tempat tinggal, istirahat dan tidur serata kebutuhan seksual.
2)      Kebutuhan Rasa Amandan Perlindungan
Dibagi menjadi 2 yaitu fisik dan psikologis.
·         Fisik : meliputi perlindungan atas   ancaman terhadap terhadap tubuh atau hidup seperti penyakit, kesehatan dll.
·         Psikologis : perlindungan atas ancaman dari pengalaman yang baru dan asing seperti kehawatiran seorang anak ketika masuk sekolah untuk pertama kali karena merasa terancam oleh keharusan untuk berinteraksi dengan orang lain.
3)      Kebutuhan rasa cinta serta rasa memiliki dan dimiliki
Member dan menerima kasih saying , mendapatkan kehangatan keluarga, memiliki sahabat dan diterima oleh kelompok social dll.
4)      Kebutuhan akan harga diri
Kebutuhan ini terkait dengan keinginan untuk menappatkan kekuatan, meraih prestasi, kepercayaan diri dan kemerdekaan diri. Dan memerlukan pengakuan dari orang lain.
5)      Kebutuhan aktualisasi diri
Merupakan kebutuhan tertinggi dalam hierarki maslow, merupakan kebtuhan untuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar