Sabtu, 29 Maret 2014

ASI LEBIH BERHARGA DARI SUSU FORMULA IMPORT


ASI LEBIH BERHARGA DARI SUSU FORMULA IMPORT


12  july 1999, setelah ibu bidan pamit pulang, bayi mungil berkelamin laki-laki itu menangis. Ibu ku mendekap bayi bersuara merdu yang merupakan adikku, didadanya. Air susu ibuku waktu itu belum keluar terlalu banyak sehingga adik kecil menangis terus-menerus.

Nenek ku mengambil pisang muli, lalu melembutkannya dengan bantuan sendok. “bayi nangis itu tandanya lapar, biar berhenti nangisnya dikasih pisang muli saja. Ini rahasia jangan bilang sama bu bidan”  jreng….. adikku dijejeli pisang muli.

Menurut teori medis, bayi hanya boleh diberikan ASI! Walaupun ASI dari ibu belum keluar, jangan berikan makanan selain ASI karena usus bayi belum bisa mencerna makanan selain ASI. Pada hari pertama ASI belum keluar secara lancar namun, pada hari kedua atau ketiga pasca persalinan, kadar estrogen dan progesterone turun drastis, sehingga terjadi sekresi ASI. Dengan menyusukan lebih dini  terjadi perangsangan puting susu, terbentuklah prolaktin oleh hipofisis, sehingga sekresi ASI semakin lancar.   

ASI mengandung zat-zat gizi seimbang yang penting bagi tumbuh kembang bayi. Zat-zat yang terkandung dalam ASI tidak bisa disamakan dengan susu formula inport paling mahal sekalipun. Ada pun zat-zat tersebut yaitu protein 10%, karbohidrat 6,9 %, kalori 70%, fosfor 13 %, magnesium 3%, besi 0,03 %, natrium 17%, kalium 51%, thiamin 0,04%, riboflavin 0,04 %, niacin 0,18 %, vitamin B6 0,01 %,  vitamin A (IU) 241.

Saya beruntung, saya diberikan ASI eksklusif dari ibu saya. Ketika saya tahu saya adalah ‘bayi ASI’ saya merasa cinta saya kepada ibu semakin dalam, masya Allah, thank you my beloved mom, my love  for you  forever..muuuuaaaccch.

Sebelum usia 6 bulan, jangan berikan makanan atau minuman tambahan baik, madu, pisang, air gula, air mineral dll. Karena semua zat-zat penting sudah terdapat pada ASI. Arti ASI ekslusif sendiri yaitu memberikan ASI selama jangka waktu 6 bulan tanpa makanan tambahan.

Salah satu tetangga saya tidak menghiraukan nasehat atau himbauan dari bidannya untuk tidak memberikan makanan tambahan. Namun, bayi yang usianya belum genap 1 bulan itu diberikan pisang secara terus-menerus sehingga terjadilah  masalah didalam perut si bayi. Selama 3 hari si bayi tidak kentut maupun BAB. Satu keluarga pun cemas bukan kepalang. Kemudian si bayi  dilarikan ke rumah sakit. Menurut pihak medis bayi malang itu harrus dioperasi! Oleh karena perlengkapan rumah sakit tidak memadai akhirnya si bayi pun dirujuk ke instansi pelayanan yang lebih baik

Persoalan selanjutnya yaitu masyarakat “korban iklan susu formula” ada beberapa masyarakat  yang menganggap bahwa susu formula lebih baik dari pada ASI. Karena beberapa individu mengamati bahwa anak yang diberikan susu formula lebih montok, maka dengan pikiran awam mereka menyimpulkan bahwa susu formula lebih baik. Itu salah!. Kenyataannya bahwa susu formula mengandung gizi yang tidak sesuai dengan kebutuhan bayi sehingga keccenderungan terjadina obesitas lebih besar disbanding ASI.

Ada pula masyarakat yang gengsi memberikan ASI kepada anaknya. Mereka mengira bahwa susu formula adalah makanan ‘elit’ yang biasa diberikan oleh orang-orang kaya, jadi mereka berusaha untuk memberikan susu formula hanya karena sebatas gengsi.

Rencanakan segala sesuatu secara matang khususnya rencana pemberian ASI ekslusif. Buah hati idaman yang dibentuk dengan segenap cinta dan kasih sayang kedua orang tuanya layak mendapatkan pelayanan ‘VIP’ dari seorang ibu. Berharaplah bahwa suatu hari nanti anak anda menjadi salah satu pembangun bangsa dan Negara. Percayalah apapun yang kita impikan akan terwujud lebih indah dari hayalan. Anak yang dibesarkan dengan cinta ibu serta pendidikan ditingkat  keluarga yang baik, akan tumbuh dan berkembang seperti buah buah yang jatuh dari pohonnya. Melalui pemberian ASI, ibu dapat mengarahkan anak lebih mudah karena kecerdasan yang diberikan melalui ASI adalah bekal yang tiada tara. Subhanallah.  

Writed by : chen xin ti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar