Jumat, 21 Maret 2014

MENGENALI DIRI SENDIRI MEMBENTUK KONSEP PRIBADI YANG MATANG




MENGENAL DIRI SENDIRI
MEMBENTUK KONSEP PRIBADI YANG MATANG

Sebelum memperkenalkan diri sendiri, sudahkah kita mengenali diri sendiri?. Seseorang yang mau mengenali dirinya sendiri adalah pribadi yang baik, karena ketika seseorang mampu mengenali dirinya sendiri maka ia akan mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan pada dirinya.

Tujuan dari mengenali diri sendiri yaitu membentuk suatu konsep diri yang baik.  Konsep Ini merupakan bekal untuk  memperkenalkan diri kepada masyarakat luas tentang siapa jati diri kita yang sebenarnya.

Bagaimana menjadi diri sendiri dan membentuk konsep diri yang baik? Yaitu dengan cara introspeksi. Kita renungkan kesalahan dan khilaf yang telah kita lakukan dimasa lalu. Kita coba memperbaiki kesalahaan-kesalahaan yang ada. Mencoba mematuhi peraturan hidup adlah konsep yang harus dipatuhi, agar hidup kita lebih teratur dan terarah.

Ada 4 pertanyaan tuan Immanuel Kent yang harus dijawab:

Siapa diri anda?
Apa yang harus anda tahu?
Apa yang sehaarusnya anda kerjakan?
Apa pengharapan anda?

Setelah menjawab pertanyaan tersebut, buatlah daftar pertanyaan lain pada diri sendiri. Misalnya kita sebagai mahasiswa kebidanan bertanya :

“Apa tujuan saya kuliah kebidanan?”
“Apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan nilai diatas 3,7?”
“ Apa tanggungjawab kita terhadap orang tua?’

Menurut Roger, membentuk konsep diri yang baik diperlukan langkah-langkah

1.       Bersikap obyektif dalam mengenali diri sendiri.
“ you can’t be all things to all people, you can’t do all things at once, you just do the best you could in everyday”
2.       Hargailah diri sendiri
Siapa yang akan menghargai diri kita selain diri sendiri?. Jika kita menghargai diri sendiri maka orang lainpun akan menghargai diri kita.
3.       Jangan memusuhi diri sendiri
Dalam suatu hadis diriwayatkan bahwa musuh terbesar adalah diri sendiiri. Memusuhi diri sendiri  adalah suatu peperangan yang amat melelahkan.
4.       Berfikir positif dan rasional
Apa yang kita fikirkan adalah cerminan pribadi kita. Jika kita berfikir “saya bisa!” “saya yang terbaik!” “ saya hebat!” , maka pemikiran seperti itu lah yang akan memberi kode-kode di otak untuk membuat konsep menjadi  seperti yang kita pikirkan, percaya tidak percaya tapi itu telah terbukti!.

Yuk, kita kenali diri sendiri lebih dalam. Kita harus mengetahui apa sebenarnya kekurangan dan kelebihan kita. Tujuannya semata-mata untuk  membentuk konsep diri yang baik yang akan menjadikan diri kita sebagai  pribadi baik, sehingga masyarakat akan mengenali diri kita dengan konsep diri yang sudah terbentuk secara matang. We are the best!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar