Sabtu, 29 Maret 2014

GenerASI Ekslusif (ASI Bekal Arungi Kehidupan)


GenerASI Ekslusif
ASI Bekal Arungi Kehidupan


GenerASI Eksklusif merupakan generasi pemberi ASI secara Ekslusife selama 6 bulan tanpa didampingi oleh makanan atau minuman lainnya termasuk pisang, madu, susu formula, maupun air mineral.

Hak bayi yaitu ASI dan kewajiban ibu yaitu memberikan ASI ekslusif untuk bayinya. ASI atau air susu ibu adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat.

ASI adalah bukti cinta sejati seorang ibu kepada bayinya. Melalui ASI kedekatan ibu dan bayi semakin terasa dan ikatan batin antara keduanya pun akan lebih kuat. Beberapa keuntungannya ASI bagi bayi dan ibu yaitu :
1.      Perlindungan terhadap penyakit menular
2.      Bayi mempunyai EQ tinggi
3.      Pertumbuhan bayi optimal dan proporsional
4.      Mengurangi kemungkinan yang mengakibatkan bayi terkena alergi
5.      Mengurangi jumlah darah ibu setelah melahirkan
6.      Diet
7.      Mengurangi kehamilan diluar rencana/KB
8.      Mempercepat kepadatan tulang ibu
9.      Mengurangi kemungkinan osteoporosis
10.  Mengurangi kemungkinan kanker indung telur dan kenker payudara
11.  Ibu lebih gembira dan ceria
12.  Meringankan beban pengeluaran keluarga

Permasalahan yang dihadapi sekarang; kenapa banyak ibu yang melupakan pentingnya ASI sebagai makanan utama untuk bayi? Padahal telah diketahui bahwa dengan pemberian ASI eksklusif dapat menurunkan angka kematian bayi dan menyehatkan anak maupun ibu.

Inilah yang harus dicamkan dalam benak masing-masing wanita bahwa wanita sangat berrperan dalam upaya mencerdaskan dan menyehatkan generasi penerus bangsa. Ibarat mobil, wanita adalah tombol “start”nya. wanita yang memulai bagaimana generasi akan berkembang membentuk anak yang cerdas yang berguna bagi nusa, bangsa serta agama.

Ibu yang manakah yang tidak menginginkan anaknya menjadi anak yang cerdas dan mempunyai pertahanan tubuh yang kuat?. Adapun kendala-kendala yang dihadapi seorang ibu yaitu diantaranya ; sulitnya ASI keluar, ibu yang disibukkan dengan pekerjaan, korban iklan susu formula, puting susu ibu terbenam dll. Adapun cara penanganannya yaitu melalui pijat oksitosin, breast care, atau bahkan bank ASI. Tanyakan pada  bidan terdekat apabila ada kesulitan dalam pemberian ASI. Bidan akan memberikan konseling yang bermanfaat agar ASI bisa keluar.

Generasi ekslusif harus menjadi pilihan paling utama untuk ibu yang melahirkan. Ibu yang memilih ASI ekslusif adalah ibu yang cerdas yang memikirkan masa depan anak tercintanya, karena yang diharapkan seorang anak bukanlah harta, intan, emas dan permata maupun mobil nun mewah akan tetapi ASI lah yang dibutuhkan sebagai bekal mengarungi arus masa depan di era ini. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar