Rabu, 04 Juni 2014

STOP PENGANGGURAN!



Pengangguran atau tuna karya adalah istilah untuk orang  yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari 2 hari selama seminggu atau seseorang yang sedang mendapatkan pekerjaan yang layak.

Tidak dipungkiri bahwa tingkat pengangguraan di Indonesia khususnya di kota saya  cukup banyak. Kadang pemuda pengangguran tidak jarang meresahkan warga masyarakat. Bagaimaana tidak setiap hari mereka  bergerumbul dipinggir jalan sambil memainkan gitar dan benyanyi ria. Kegiatan tersebut bisa mereka lakukan sampai larut malam .

Akibat pengangguran bagi Negara yaitu penurunan pendapatan perkapita, penurunan pendapatan pemerintah yang berasal dari sektor pajak, meningkatnya biaya sosial yang harus dikeluarkan oleh pemerintah. Akibat pengangguran bagi masyarakat yaitu adanya beban psikologis dan psikis, pengangguran dapat menghilangkan ketrampilan, pengangguran akan menimbulkan ketidakstabilan sosial dan politik.

Kemiskinan merupakan akibat utama yang ditimbulkan dari masalaah pengangguran. Meski  awalnya seseorang memiliki uang banyak, namun apabila  menganggur dalam waktu yang lama ia akan jatuh miskin. Dari kemiskinan tersebut, akan timbul masalah lain seperti tindak kriminal, meningkatnya jumlah pengemis dan gelandangan.  

Salah satu upaya untuk mengatasinya yaitu pendidikan. Pendidikan dapat mengurangi tingkat pengangguran di suatu Negara. Dan sebaliknya pendidikan rendah dapat meningkatkan angka pengangguran disuatu Negara. Masyarakat yang berpendidikan akan mempunyai wawasan serta keahlian yang mereka peroleh dari bangku sekolah. Pengetahuan yang mereka peroleh  akan banyak membantu dalam mengaplikasikan pada kehidupan nyata. Mereka akan mengembangkan diri dan tidak bergantung pada orang lain maupun pemerintah

Harapan saya yaitu agar generasi muda selanjutnya dapat bersekolah tinggi untuk membangun  Indonseia lebih baik. Peran orang tua penting untuk merencanakan masa depan anak-anaknya sedini mungkin. Mari bangun Indonesia lebih baik, ciptakan generasi muda cerdas dan mandiri . Stop pengangguran..!  `

Tidak ada komentar:

Posting Komentar