Minggu, 15 Desember 2013

MOTIVASI SUKSES : NEXT STEP...,DON'T FEAR!


Motivasi sukses
Next step…., don’t fear!
Let’s do the best as easy as we can!
Our world in our hand!
Yes we can!



Arti dari motivasi yaitu mendorong untuk berbuat atau bereaksi. Menurut Nancy Stevenson (2001): ”motivasi adalah semua  hal verbal, fisik atau psikologis  yang membuat seseorang melakukan sesuatu sabagai respon. Dan menurut Sarwono, S.W. (2000).“ motivasi menunjuk pada proses gerakan, termasuk situasi  yang mendorong yang timbul dalam diri individu, tingkah laku yang ditimbulkan oleh situasi tersebut dan tujuan atau akhir daripada gerakan atau perbuatan.

Adanya keinginan dan kebutuhan pada diri individu, memotivasi individu tersebut untuk memenuhinya. Misalnya seoranng mahasiswa yang ingin mendapatkan nilai diatas 3,5 maka mahasiswa tersebut mengarahkan prilakunya untuk belajar giat demi tercapainya IPK diatas  3,5. Atau misalnya seorang wanita yang ingin mendapatkan pasangan yang soleh, maka wanita tersebut akan berusaha untuk mencari pasangan yang di idamkannya.

Kita bisa mencapai apa yang kita impikan karena seorang pemenang adalah seseorang yang berani bermimpi! Seorang pemimpi sejati akan berusaha semaksimal mungkin dengan disertai usaha dan doa untuk mencapai impiannya. Mereka akan memfokuskan diri terhadap rencana-rencana yang ada pada agenda hidupnya. Proses yang ia jalani seperti jalan yang berliku-liku, namun senantiasa ia tempuh meskipun halangan serta rintangan selalu dihadapan. 

Waktu adalah nilai berharga yang tidak terukur bagaikan batu mulia yang istimewa. Bagi para pemimpi, mencapai kesuksesan harus disertai dengan kesabaran. Meski gagal ia akan mencobanya lagi dan memperbaiki diri. Ia tak akan pernah berhenti berusaha karena ia tahu bahwa orang yang berhenti berusaha tidak akan mennjadi pemenang sejati! dikit demi sedikit tapi pasti, ia mengarahkan tingkah lakunya untuk setia pada mimpinya dengan keyakinan bahhwa “saya pasti bisa!”

Ada sebuah cerita dari china. Alkisah, disebuah kerajaan sedang berduka cita atas kematian kaisar tercintanya. Sepeninggal kaisar  tersebut maka digantilah kekuasaan kepada pangeran yang saat itu berusia 15 tahun. Kemudian pangeran mengumpulkan para ahli penerjemah bahasa, lalu  memerintahkan para menteri-mentrinya untuk mencari kata-kata bijaksana diseluruh dunia. Kemudian selama bertahun-tahun para mentri mencari, setelah kata-kata itu telah didapatkan, menghadaplah para mentri itu kepada pangeran (kaisar baru) yang pada saat itu sudah berusia 30 tahun.
Mentri : “kami sudah menemukan kata-kata bijaksana diseluruh dunia…, kami telah menuliskannya lebih dari 15.000 (lima belas ribu) buku.”
Kaisar : “itu terlalu banyak, rangkumlah kata-kata tersebut!”
Mentri : “baik kaisar!”     
Kemudian atas perintah kaisar, menteri-menteri itu pun merangkumnya menjadi  5000 buku. Pada saat itu usia kaisar 45tahun.
Mentri : kaisar, kami telah merangkum kata-kata bijaksana menjadi 5000 buku.
Kaisar : ”tugas negri ini telah menyita waktu saya, banyak yang harus saya selesaikan untuk kesejahteraan rakyat saya, rangkumlah lagi kata-kata bijaksana tersebut!”
Kemudian dirangkumlah lagi kata-kata bijaksana itu menjadi 500 buku. Pada saat itu kaisar berusia 60 tahun.
Mentri: “kaisar, kami sudah merangkum kata-kata bijaksana tersebut menjadi 500 buku.
Kaisar : “ penglihatan saya sudah mulai terganggu, rangkumlah lagi kata-kata bijaksana itu agar saya dapat membacanya sampai selesai”
Kemudaian para menteri pun merangkumnya lagi menjadi 5 buku, usia kaisar 70 tahun.
Mentri :” kami telah melaksanakan tugas yang mulia, kini kata-kata bijaksana tersebut dirangkum dalam 5 buku.”
Pada saat itu Kaisar sedang terbaring diranjang pesakitan. Kaisar pun meminta para mentri tersebut untuk merangkumnya dalam satu kalimat. Kemudian setelah para ahli bahasa dari seluruh dunia dikumpulkan untuk merangkum kata-kata bijaksana tersebut menjadi  satu kalimat saja. Ketika kalimat itu berhasil dirangkai, para mentri pun ingin menyampaikannya namun pada saat itu kaisar sedang sakaratul maut, sehingga kaisar mengisyaraatkan kepada menteri-menteri untuk membisikan kata-kata bijaksana tersebut. Kata-kata itu adalah……………..
“Lahir, Menderita, tapi yang bertahan hanya Cinta!”

Apa yang didapat dari cerita diatas?
Nasihat yang pertama yaitu mengenai waktu. Bahwa waktu berjalan cepat dan pasti. Kita hidup hanya sebagai persinggahan. Artinya disini bahwa Motivasi sukses pada dasarnya adalah untuk kebahagiaan baik kebahagiaan pribadi maupun orang lain. Waktu mempunyai peranan penting untuk membuktikan siapa sebenarnya pribadi kita apakah termasuk orang yang sukses dengan penuh kebahagiaan ataukah orang yang hidup miskin, gagal, sia-sia dan dicampakan orang? 

Nasihat berikutnya yaitu bahwa keringat yang mengalir dimedan latihan adalah penebus darah dimedan pertempuran. Kalimat ini bermaksud bahwa kita perlu bersusah-susah demi kemenanngan yang didambakan. Tidak peduli betapa sukarnya halangan yang dihadapi, tidak peduli pengorbanan yang dijalani asalkan pada akhirnya kita bisa menggapai harapan dan impian.melakukan suatu hal yang berarti demi kebahagiaan orang lain adalah cinta yang akan didapatkan sampai kita mati. Mereka yang telah kita perjuangkan kebahagiaan dan kesejahteraannya akan berterimakasih dan mengenang semua jasa-jasa kita meski kita hanya tinggal nama.

Bagaimana kalau kita jenuh? Kita bosan dengan perjuangan yang belum menampakan hasilnya?
Untuk mengembalikan semangat agar motivasi kita senantiasa membara-bara seperti garangnya rembulan di mega hitam! Yaitu carannya mengingat-ingat kebaikan yang akan kita dapatkan dikemudian hari. Seperti hidup yang sejahtera, orang tua kita yang bangga, disenangi orang, teman-teman yang bertambah banyak dll.

Untuk mewujudkan impian, kita perlu untuk bersikap sepenuh hati dan beraktifitas dengan prinsip yang positif maka insyaallah kita bisa melakukan hal yang luar biasa yang tidak pernah kita bayangkan. Mulai sekarang beranilah untuk bermimpi, gantung mimipi-mimpi itu pada langit-langit kamar kita dan bayangkanlah sebelum kita beranjak tidur bahwa kita akan menggapai mimpi itu dengan kekuatan kita sendiri. Tuliskan rencana-rencana jangka pendek dan jangka panjang pada buku diary atau agenda, penuhilah rencana-rencana tersebut! Keinginan yang kuat untuk meraih kesuksesan ditentukan oleh besarnya mimpi dan kekuatan untuk mengatasi kekecewaan yang pernah dialami.

Hilangkanlah segala rasa khawatir, kita harus enjoy dalam memenuhi setiap rencana walau pun rencana satu dengan yang lainnya tidak berjalan lancar sesuai harapan. Gagal bukan berarti kita harus bimbang melainkan kita harus lebih banyak intropeksi diri dan belajar dari kegagalan, bukankah kegagalan itu adalah awal kesuksesan? Calon manusia yang sukses tidak pernah mengeluh tapi ia akan sibuk memperbaiki diri dari kesalahan-kesalahan yang ada. Jika kita gagal dalam mencapaai sesuatu, hanya satu yang perlu kita lakukan yaitu “try again!!!” kegagalan itu satu paket dengan kegagaalaan! seperti gelap maka terbitlah terang.

Jika kita mempunyai kemauan yang kuat, insaallah semuaya akan kita hadapi dengan lapang. Masa lalu yang membuat kita gagal merupakan pengalaman berharga yang tidak akan kita ulangi kesalahannya, karena mengulang kesalahan kedua kali adalah orang yang merugi.penyesalan masa lalu hanya untuk membuat hati kita tegar dan berjanji untuk tidak mengulangi kegagalan itu dan berjanji untuk masa depan yang indah yang didambakan semua umat manusia lahir-bathin.

Change of success

I wan’t                                    0%
I can’t                          10%
I don’t know how       20%        
I wish I could              30%
I want to                     40%
I think I might                         60%
I think I can                70%
I can                            80%
I am                             90%
I did                            100%

Jangan terus bertanya apakah yang akan terjadi nanti? Mulailah untuk melakukan hal positif yang mendekatkan diri pada kesuksesan sejati. Allah membirikan kita akal dan pikiran, gunakan anugrah terbesar manusia tersebut sebaik-baiknya! Lakukan semuanya saat ini juga, dan lihatlah hasilnya setelah waktu yang kita perjuangkan. Apapun yang kita dapatkan saat ini merupakan hasil dari kerjakeras yang kita lakukan tempo lalu. Jadi tidak ada yang sia-sia ketika kita serius dan penuh semangat dalam mewujudkan kesuksesan, begitupun dengan orang yang bermalas-malasan maka ia pun akan mendapatkan kemiskinan  bahkan dipandang rendah oleh orang-orang. Banyak sekali kerugian menjadi pemalas salah satu yang ekstrim adalah menjadikan pemalas sebagai pangamen bahkan pencuri.

Untuk Pemimpi Sejati : “ The Next Step….., do not fear!”

Suekarno mengatakan : kebesaran dan kemakmuran sebuah bangsa tidak jatuh dari langit, kebesaraan dan kemaakmuran sebuah bangsa adalah kristalisasi keringat!   

Wujudkan mimpi kita, guys!!!  Barokallah….


Write By : Alya Chen
   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar