Kamis, 05 Desember 2013

KELAINAN SISTEM PENCERNAAN


KELAINAN SISTEM PENCERNAAN
Bagian atas
1.      Ginggivitas
Ginggivitas merupakan gangguan patologis yang disertai adanya tanda-anda inflamasi. Ginggivitas dapat ditandai dengan istilah gusi bengkak atau gusi yang meradang. Mikroorganisme mampu menghasilkan produk berbahaya ang dapat menyebabkan kerusakan pada epitel dan sel-sel jaringan penghubung (konektif tissu) seperti halnya unsur-unsur pokok intraseluler yaitu : collagen, factor pertumbuhan dan glikolis.
Hasil perubahan dari sel-sel junctional epitolium pada awal terjadinya ginggivitas adalah merupakan puncak masuknya  agen yang berbahaya yang berasal dari  bakteri atau bakteri itu akan menyebar ke jaringan penghubung.
2.      Refluk gastric
Refluks gastric yaitu kondisi dimana  cairan dan gas  dari lambung terbalik  mengalir ke kerongkongan . mulut jadi terasa pahit  da dada terasa terbakar . kondisi ini disebut refluk asam/ atau refluk gastric esophagus. Asam lambung bahkan bisa samai  ke kerongkongan dan mulut
Penyebab : hernia hiatal, obesitas, kehamilan, makanan, merokok , sembelit, berbaring dll.
Tips : diet , hindari makan makanan kaya lemak sebelum tidur, berhenti merokok, hindari coklat dan kopi, mengkonsumsi buah dan sayur.
3.      Akalasia
Akalasia adalah kelainan motorik  dari otot polos esophagus, dimana terjadi gangguan peristaltic otot esophagus yang menyeluruh disertai ganguan otot lingkar  esophagus bagian bawah, gagal untuk relaksasi secara sempurna sehingga mengakibatkan gangguan pengosongan esophagus
Patofisiologi :  kelainan dasar terletak pada defek dari  inervasi esophagus. Penyakit ini dapat primer atau sekunder karna penyakiit lain seperti  karsinoma, neuropath, akibat radiasi, toksin dll.
Gejala : disfagia, nyeri dada, muntah makin lama makin berat, nyeri dada retroferal, BB turun.
Penatalaksanaan : makanan lunak, nitrat isosorbik untuk menguranngi tekanan sfinger esophagus bawah, beusi, pembedahan.
4.      Kanker esophagus
Definisi esophagus : tabung berongga yang mengikuti makanan dan cairan dari tennggorok ke lambung. Ketika seseorang menelan, dinding-dinding yang berotot dari esophagus berkontraksi untuk mendorong makanan  turun ke dalam lambung. Kelenjar-kelenjar pada lapisan esophagus menghasilkan lendir yang memelihara jalan  terusan lembab dan membuat menelan lebih mudah. Esophagus terletak dibelakang trachea.
Definisi kanker : penyakit yang mempengaruhi sel-sel unit dasar kehidupan tubuh. Normalnya sel-sel tubuh membelah, dan menghasilkan lebih banyak sel-sel ketika  mereka diperluka masa sel-sel eksra membentuk suatu  pertumbuhan tumor. Tumor-tumor dapat menjadi jinak/ ganas.
Kanker esophagus adalah kanker yang mengacu pada setiap bagian dari sel  jaringan kerongkongan, dyspepsia terjadi  dengan pembentukan penyakit  yang ganas. Merupakan salah satu tumor ganas umum dari system pencernan, kemudian rentan terhadap penyalahgunaan sistemik dan proliferasi.
Penyebab : pola hidup, kesehatan tubuh, factor genetic, makanan yang menngan dung banyak  nitrosamine ( makanan berjamur dan acar), alcohol, merokok.
Gejala : tenggorokan terasa aneh, tersendak ketika menelan, tulang dada terasa panas, perih dan sakit, ksulitan menelan sehingga muntah, nyeri diperut, BB turun, gizi buruk, penyebaran kanker dll.
5.       Keracunan makanan
Keracunan makanan yaitu makanan mengandung racun atau bahan kimia/toksin.
Cara mengatasi : muntah dan diare adalah cara tubuh untuk membilas racun atau bahan kimia  dari system anda.
Tips : minum yang banyak,jika masih diare hindari makanan berminyak, kafein dan manis-manis, perbaiki pola makan.
6.      Gastritis
Gastritis menyerang bagian lambung, nama lainnya yaitu penyakit maag.
Penyebab: Jadwal makan tidak teratur, stress, makanan dengan  tekstur yang keras dan dimakan dengan suhu yang panas misalnya bakso, mie, soto dll. Konsumsi makanan pedas dan asam , mengkonsumsi makanan yang mengandung gas, minuman yang mengandung kafein.
Gejala : sendawa, kembung, mual, muntah, perasaan seperti terbakar.
Tips : tidak makan pedas, asam, gorengan, dan konsumsilah manggis.
7.      Kanker lambung
Kanker lambung yaitu penyakit kanker yang  ada diperut, berasal dari sel epitel dinding perut. Dapat terjadi diberbagai bagian perut ( daerah antara pylorus pling banyak diikuti dengan  fundic lambung kardia, lambung sedikit lebih kecil.)
Penyebab :                 
a.       Factor makanan:  makanan basi, makanan yang tidak baik, sayur asin, ikan dan daging yang diawetkan, konsumsi garam banyak
b.      Factor genetic : keturunan
c.       Factor lingkungan.
8.      Hernia hiatus
Menurut Wikipedia : hernia adalah menonjolnya isi suatu rongga melalui jaringan  ikat tipis yang lemah pada dinding rongga. Dinding rongga yang lemah itu embentuk suatu kantong dengan  pintu berupa cin-cin. Gangguan ini terjadi  didaerah perut dengan isi yang keluar berupa bagian dari usus.

Kelainan hati, kandung empedu, dan pancreas
Bagian tengah

1.      hipertensi portal
Hipertensi portal adalah peningkatan tekanan aliran darah portal diatas 10-12 mmHg yang menetap,dimana tekanan dalam keadan normal berkisar 4-8 mmHg. Hipertensi portal juga didefinisikan sebagai sekumpulan gejala yang terjadi akibat peningkatan vena portal dan kronis.


2.      Hepatitis
Hepatitis merupakan cikal-bakal dari kanker hati. Hepatitis dapat merusak fungsi  organ hati dan kerja hati sebagai penetral racun dan system pencernaan  makanan dalam tubuh yang mengurai sari-sari makanan untuk  kemudian disebarkan ke seluruh organ tubuh ang penting bagi manusia. ( penyakit peradangan hati)
Penyebab : infeksi virus, jenis obat-obatan tertentu, jenis makanan tertentu.
Macam-macam hepatitis :
hepatitis A : sembuh sendiri dalam beberapa minggu  ( penangkalnya yaitu vaksin)
Hepatitis B :  jenis penyakit liver berbahaya yang menyebabkan  serosis / kanker hati
Hepatitis C :  jenis hepatitis C sulit  menghilang.(belum ada Vaksin)

Hepatitis D : ( virus delta)
Hepatitis E :  ditularkan melalui kotoran manusia ke mulut.
3.      Batu empedu
      Batu empedu adalah substansi seperti batu berukuran kecil yang berada didalam kantung empedu. Substansi ini terbuat dari  empedu yang mengeras, yang dihasilkan dihati . emedu adalah cairan pencernaan yang runtuh dan mencerna lemak dalam tubuh . terbuat dari kolesterol, air, lemak, garam empedu, dan bilirubin. Empedu dihasilkan  didalam hati dan disimpan dalam kantong empedu.
Penyebab : batu empedu terjadi apabila terdapat banyak kolesterol, bilirubin atau garam empedu, menyebabkan empedu cair kurang berair. Hal ini menyebabkan pengerasan  dan pembentukan batu empedu.
Gejala : nyeri berat didaerah perut atas, sakit kuning, demam, muntah-muntah.
4.      Abses hati
Abses hati adalah bentuk infeksi pada hati yang disebabkan karena infeksi bakteri, parasit, jamur maupun nekrosis steril yang bersumber dari system gastrointerstinal. Abses hati adalah  kista berisi nanah yang terdapat dihati.
Penyebab umum : infeksi saluran empedu, infeksi dari organ-organ pencernaan.
Pantogen penyebab infeksi : 1. Bakteri ( eschercia coli, klebsiela sp, proteus, stapilococcus aureus, enterococcus, streptoccous faecalis)
Gejala dan tanda  : nyeri perut kanan atas, demam, anorexia, pembengkakan perut kanan atas, nausea, vomitas, Bb turun, hiterus, hepatomigal, batuk, BAB berdarah, temperature tubuh naik, malnutrisi, fluktuasi.
5.      Kanker pancreas
Kanker pancreas adalah pertumbuhan sel-sel abnormal yang merusak jaringan tubuh yang ada dipankreas/ sel-sel abnormal yang tumbuh disuatu organ berbentuk tabung atau spons kira-kira 6 inchis panjangnya.
Factor resiko : merokok alcohol, lemak.
6.      Pankreastitis
Pankreastitis adalah peradangan pada pancreas , organ yang mengeluarkan enzim pencernaan dan sekaligus mensintesis dan mensekresi insulin dan glukogen. Pancreatitis dapat disebabkan oleh batu mpedu yang menyumbat saluran pancreas, konsumsi alcohol yang kronis, obat-obatan, trauma, infeksi, tumor, dan kelainan genetic.
Pancreatitis dibagi 2 :
a.       Pancreatitis akut : peradangan pancreas yang terjadi tiba-tiba dan biasanya sembuh dalam beberapa hari dengan pengobatan
b.      Pancreatitis kronis : peradangan pancreas yang tidak sembuh- sembuh yang  semakin parah dari waktu ke waktu dan mengakibatkan kerusakan pancreas yang permanen

Saluran pencernaan bagian bawah

1.      Apendisitis
Apendisitis adalah peradangan mendadak atau pembengkakan usus buntu (vormivormis  apendiks) sekitar setengah dari  semua apendisitis gejalanya adalah sakit rongga perut yang tiba-tiba disertai  mual, muntah, diare atau konstipasi.
Usus buntu adalah sebuah struktur seperti tabung yang bercabang pada  pangkal usus besar ( kolon). Usus ini hanya setebal pensil dan biasanya panjangnya  7 cm. selama bertahun-tahun ilmuan  tidak memahami fungsi apendiks  bagi tubuh. Sekarang  kita tahu bahwa fungsinya adalah  membantu membuat  imonoglobin, zat yang merupakan  bagian dari  system kekebalan tubuh.
Penyebab : penyumbatan usus buntu, usus buntu berbelit, benda asing, parasit (cacing) adhesi dinding usus.
2.      Kanker kolon dan rectum
Kanker kolon dan rectum adalah kanker yang menyerang usus besar dan rectum. Penyakit ini merupakan kanker  peringkat 2 yang  mematikan. Usus besar adalah bagian dari  system pencernaan. Sebagaimana kita ketahui system pencernaan  dimulai dari muut, esophagus, lambung, usus halus ( duodenum, yeyeum, ileum), usus besar (kolon), rectum dan berakhir pada anus. Kanker kolon mempunyai sifat  dapat tumbuh relative cepat, dapat berinfiltrasi  ke jaringan dan merusaknya, dapat menyebar jauh melalui kelenjar getah bening maupun pembuluh darah.
3.      Polip usus
Polip usus adalah kutil kecil dari  dari dinding kolon rectum. Kutil-kutil ini merupakan hasil  pembentukan jaringan yang tidak normal.
Kanker usus adalah kanker yang sering ditemukan disingapura. Satu-stunya bukti terpenting  hingga sekarang adalah kebanyakan  kanker usus muncul dari kutil kecil dalam usus besar  yang disebut polip. Polip-polip ini akan memerlukan waktu  beberapa tahun untuk  tumbuh sebelum  mereka berubah menjadi kanker dengan demikian pencegahan kanker usus  dapat dicapai jika polip-polip ini dibersihkan sebelum mereka berubah menjadi ganas.
4.      Sumbatan usus
Sumbatan usus yaitu terjadi apabila  terdapat sumbatan paa usus sehingga menghambat aliran hasil pencernaan diusus.
Penyumbatan terjadi salah satunya karena infeksi cacing. Diantaranya adalah cacing gelang, cacing pita, cacing kremi, cacing tambang dll.
5.      Hemaroid
Hemaroid adalah pelebaran varises satu segmen atau lebih vena –vena  hemoroidales. Secara kasar hemaroid biasannya dibagi dalam 2 jenis yaitu hemaroid interna dan hemaroid eksterna.
- Hemaroid interna :  merupakan varises vena hemoroidalis superior dan medina.
- Hemaroid eksterna : merupakan varises  vena hemoroidalis inferior.

Kurang lebih 70 % manusia dewasa mempunyai hemaroid/ wasir. Penyebab hemaroid sangat sederhana yaitu kurang minum , kurang makanan berserat, kurang olahraga, banyak duduk, dan mengangkat yang berat-berat.

Solusi : mengubah gaya hidup! ( oahraga, banyak konsumsi makanan berserat, banyak minum air putih)
                                                                                                                        By : Alya Chen


Tidak ada komentar:

Posting Komentar