Minggu, 15 Desember 2013

MOTIVASI SUKSES : MENJADI ORANG YANG LUAR BIASA



MENJADI ORANG YANG LUAR BIASA
Mencintai diri sendiri adalah kunci menjadi orang yang luar biasa… BY : ALYA CHEN

Cin ai te Pengyo......
kamu masih ingat dengan cerita berlian? berlian adalah sebuah batu bara yang mengalami berbagai macam tempaan. sama halnya seperti kesuksesan yg menjadi impian orang-orang. orang yg sdh sukses adalah sebuah berliian yang diidam-idamkan semua orang. ia akan ditempatkan pada sebuah etalase dikotak berlian.
Pengyo , hidup ini perlu perjuangan! bukan untuk sebuah harkat, martabat atau pun kehormatan semata namun juga sebagai orang yang bermanfaat untuk sesama. jadilah relawan yang mengorbankan waktu dan tenaga untuk kebaikan sesama.. itulah yang dinamakan hakikat hidup. itulah visi-misi yg insyaalah direstui Allah.
Jika  membicarakan peran pemerintah dalam memajukan nusa dan bangsa ini, apa yang bisa mereka lakukan?? lebih baik jangan berharap dengan bantuan siapapun termasuk pada pemerintah, jika kita ingin maju..just move on..!
menurut ilmu psikologi, perubahan itu terbagi menjadi dua yaitu perubahan eksternal dan internal. perubahan eksterrnal yaitu perubahan yang terjadi karena dipengaruhi faktor dari luar, sedangkan perubahan interrnal yaitu perubahan yang terjadi karena faktor dari diri sendiri. 
Bagaimana menjadi orang yang luar biasa?
Orang yang luar biasa adalah orang yang telah berhasil mengonsep dirinya sedemikian rupa hingga ia mendapatkan dirinya sebagai individu berhasil yang dicintai semua orang. Orang yang luar biasa berarti mereka adalah makhluk yang mencintai dirinya sendiri. Dengan mencintai dirinya sendiri maka ia pun mencintai orang yang ada disekelilingnya. Mencintai diri sendiri berarti ia telah mempoles kepribadiannya dengan kebijaksanaan sikap, kemandirian, cinta-kasih dan kedewasaan. Coba bandingkan dengan seseorang yang tidak mencintai dirinya sendiri? Bagaimana ia dapat mencintai orang lain kalau untuk mencintai dirinya sendiri saja tidak bisa. Orang yang tidak mencintai dirinya sendiri akan mencintai kemalasan yang justru akan menguburnya hidup-hidup dalam dunia yang keras ini. Orang yang tidak mencintai dirinya sendiri akan lebih mudah jatuh sakit! Karena apa? Karena ia tidak peduli dengan hidupnya! Ia tidak peduli dengan badannya..! bagaimana orang yang sejenis ini akan dicintai oleh orang lain jika dirinya sendiri tidak ia cintai? Bagaimana orang yang sejenis ini akan menolong sesama jika dirinya sendiri adalah pribadi yang lemah?
Mari kita cintai diri sendiri! Dengan mencintai diri sendiri kita akan penuhi segala kebutuhan diri sendiri baik kebutuhan materi maupun non materi. 
Ngomong-ngomong soal materi…? Hidup didunia ini serba materi! Ada pepatah mengatakan “ ada uang abang sayang, tak ada uang abang ditendang!” memang tidak ada masalah jika tidak ada uang, toh uang bukan segalanya! Tapi dengan uang kita dapat melakukan segalanya. Kita bisa mengajak keluarga jalan-jalan ke mekkah, naik haji, bersodakoh, membantu orang yang membutuhkan dengan uang, dan juga dengan uang kita dapat bersumbangsih bagi pemerintah yang notabene mengalami kesulitan dalam menjalankan roda pemerintahannnya. Misalnya dengan uang kita bisa menciptakan lapangan pekerjaan atau dengan uang yang banyak kita bisa mendirikan perpustakaan umum yang sekirannya dapat mencerdaskan putra-putri Indonesia. Dengan uang kita bisa makan-makanan yang enak, tidur dihotel bintang lima, naik pesawat dll.
Jika dengan uang kita dapat hidup bahagia di dunia dan diakherat,siapa takut?!  Yang jelas dalam tulisan saya ini dimaksudkan agar kita semua menjadi orang yang dapat menemukan jati dirinya. Jati diri yang seperti apa? Jati diri yang disayangi semua orang dan yang diridhoi ALLAH  maha segalanya.
Kembali pada konsep diri. Orang yang luar biasa adalah orang yang dapat mengonsep dirinya sendiri. Apa itu konsep diri? Konsep diri yaitu cara individu dalam melihat pribadinya secara utuh, menyangkut fisik, emosi, intelektual, social dan spiritual. Termasuk didalamnya adalah persepsi individu tentang sifat dan  potensi yang dimilikinya, interaksi individu dengan orang lain maupun lingkungannya, nilai-nilai yang berkaitan dengan pengalaman dan objek serta tujuan, harapan dan keinginannya.
5 komponen konsep diri yaitu body image, self ideal, self esteem, self role dan self identity.
Body image/gambaran diri. Cara individu memandang dirinya berdampak penting terhadap psikologi. Gambaran yang realistik terhadap menerima dan menyukai  bagian tubuh akan memberi rasa aman dalam menghindari kecemasaan dan meningkatkan harga diri. Individu yang stabil, realistis dan konsisten terhadap gambaran dirinya dapat mendorong sukses dalam kehidupan. Seseorang yang merasa dirinya percaya diri akan berani mengambil setiap keputusan dan tidak ragu-ragu untuk segera maju kedepan.bagaiman agar kita dapat melihat “body image” secara baik? Caranya yaitu kita harus memperhatikan berat badan, jangan sampai kita tidak “PD” hanya gara-gara BB yang berlebihan solusinya yaitu kita harus menjaga pola makan dan berolahraga dll.
Self ideal/Ideal diri.ideal diri dipengaruhi oleh orang-orang yang dianggap penting dalam memberi tuntunan dan harapan. Contohnya disini seperti peran orang tua, guru maupun orang-orang sukses yang menjadi idolanya. Mewujudkan cita-cita dan harapan prinbadi berdasarkan norma keluarga dan sosial.beberapa faktor yang mempengaruhi ideal diri yaitu hasrat melebihi orang lain, hasrat untuk berhasil, hasrat untuk memenuhi kebutuhan realistis, hasrat menghindari kegagalan dll. Jadi setiap orang mempunyai “self ideal” yang berbeda. Seseorang yang mempunyai kekuatan keyakinan bahwa ia akaan mencapai keberhasilannya maka ia akan semakin dekat dengan apa yang menjadi harapan dan impiannya itu.
Self esteem/harga diri. Harga diri adalah penilaian individu terhadp hasil yang dicapai , dengan cara menganalisis seberapa jauh prilaku individu tersebut sesuai dengan ideal diri. Aspek utama harga diri adalah dicintai, disayaangi, dikasihi orang lain dan mendapaat penghargaan dari orang lain. Harga diri rendah apabila; kehilangan kasih sayang, kehilangan penghargaan dari orang lain, hubungan interpersonal yang buruk.Individu akan merasa berhasil atau hidupnya bermakna apabila diterima dan diakui orang lain.      
Self role/peran diri. Setiap individu disibukkan oleh berbagai peran yang terkait posisinya setiap saaat selama ia masih hidup. Seseorang yang berperan penting dalam kehidupan masyarakat adalah seseorang yang  dikenal dan disegani masyarakat tersebut karena perannya yang penting serta bermanfaat bagi masyarakat tersebut.
Self identity/identitas diri. Identitas diri adalah kesadaran akan diri pribadi yang bersumber dari pengamatan dan penilaian. Individu yang memiliki perasaan identitas diri yang kuat  akan memandang dirinya  tidak sama dengan orang lain, unik dan tidak ada duanya.
Pengyo…
Mencintai diri sendiri itu  berarti harus mencapai kesejahteraan diri dan keluarga. Mencintai diri sendiri itu berarti harus bersikap mandiri serta tidak menjadi beban oraang lain. Kita harus percaya diri, mengambil keputusan terbaik dan yang lebih penting lagi adalah menyehatkan diri sendiri. Sehat berarti harus seimbang gizinya, makan dengan pola yang baik, berolahraga dan terhindar dari stress. Mencintai diri sendiri yaitu memanfaatkan waktu yang kita miliki dengan dipenuhi aktiitas positif demi tercapainya harapan diri.
Sudahkan kamu mencintai diri sendiri? Aku selalu berusaha menjadi yang terbaik………….  

          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar