Minggu, 22 Desember 2013

DIET SEPANJANG USIA? SIAPA TAKUT!


DIET SEPANJANG USIA……..?
SIAPA TAKUT?!!!

3 ATURAN DIET
1.      Tidak boleh lapar
2.      Tidak boleh lemas
3.      Tidak boleh bosan


Tidak boleh lapar 

Jika perut kita berbunyi itu tandannya perut meminta makan, jika tidak dikasih makan maka pada saat kita menyantap makanan kita menjadi tidak terkendali. Kita cenderung untuk melahap makanan apa saja yang penting perut kita kenyang. Pilihan makanan saat kita sedang emosional jelas lebih buruk dibandingkan jika kita bisa memanage apa yang sebaiknya kita makan. Be smart diet! 

Tidak boleh lemas

Tentu saja tidak boleh lemas karena kita sebagai manusia produktif harus menjalankan aktifitas kita menurut perannya masing-masing. Misalnya, jika kita seorang mahasiswa, kita harus mempunyai energy yang cukup untuk menerima informasi dari dosen. Adanya energy akan membantu otak kita dalam merespon informasi yang diberikan. Contoh kedua yaitu peran sebagai ibu, jika seorang ibu yang berdiet merasa lemas, maka akan mempengaruhi semua komponen keluarga.   

Tidak boleh bosan

Banyak orang berasumsi bahwa maakanan diet itu tidak enak. Siapa bilang? Indonesia adalah negeri yang kaya akan rempah-rempah. Rempah-rempah adalah makanan yang dikenal karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Kita tidak perlu menambahkan bahan kimia yang malah mempengaruhi program diet kita, silahkan menambahkan rempah-rempah agar makanan kita menjadi lebih bervariasi (Jahe, sahang, kemiri, bawang putih, bawang merah, kencur, kunyit, asam, kayu manis dll.)

4 ELEMEN DIET

Apa yang perlu kita perhatikan dalam berdiet? Nah, 4 elemen diet ini adalah jawabannya. Sebelum saya menjelaskan tentang ke 4 elemen tersebut saya ingin menegaskan bahwa diet merupakan pola pengaturan makanan! Bukan menunda lapar atau menyiksa diri menjadi “kelaparan”. Oleh karena itu diet harus dilaksanakan seumur hidup. Karena dengan mengatur pola makan maka kita bukan hanya terhindar dari obesitas akan tetapi juga terhindar dari segala macam penyakit. Dan nilai plus dari diet yaitu kita bisa menunda penuaan dini artinya bahwa kita bisa terlihat lebih muda dari pada usia kalender. 4 elemen diet tersebut yaitu :

1.      Sumber
2.      Proses
3.      Jadwal
4.      Jumlah

Sumber

Ketika kita mengkonsumsi makanan, pilihlah makanan yang rendah lemak. Pada kulit ikan atau pun kulit daging mempunyai lemak yang tidak baik dikonsumsi. Lemak membuat kita menjadi gemuk dan tidak sehat. Pilihlah makanan yang mengandung protein tinggi dan serat, seperti sayur-mayur, kacang-kacangan dan buah-buahaan. Protein atau dalam bahasa latin “protos” artinya yaitu yang utama. Jika ibarat bangunan Protein  adalah batu bata yang membangung sebuah bangunan/bilding block, oleh karena itu makanlah makanan yang mengandung sumber protein melimpah seperti yang terkandung dalam telor, ikan,kacang-kacangan dll. Selain protein, makanan yang kita konsumsi juga harus mengandung serat. Fungsi serat yaitu memperlancar aktivitas pencernaan, membantu bakteri baik untuk berkembang biak dalam melawan berbagai penyakit, dan serat juga mengisi lambung supaya penuh, itu berarti kita mampu bertahan lama untuk tidak merasa lapar.

Proses/penyajian

Apakah bahan makanan itu diolah dengan cara digoreng, ditumis,dikukus atau dipanggang? Dalam diet ini tidak ada larangan untuk makan, tapi masalahnya apakah makanan yang kita makan itu sehat atau tidak sehat? Proses penyajian yang baik yaitu ketika dalam pengolahannya tidak menggunakan minyak yang terlalu banyak karena minyak merupakan penyumbang kalori terbanyak. Kalori yang banyak akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan dalam tubuh khususnya obesitas. Pengolahan yang baik yaitu dengan cara dikukus.
Dan dalam memproses makanan, sebaiknya sebentar saja. Misalnya ingin merebus sayur kangkung, maka rebuslah kangkung dalam air yang mendidih dalam beberapa menit jangan sampai kangkung tersebut terlalu lembek atau terlalu matang. Karena sayur yang direbus terlalu matang akan kehilangan zat-zat penting yang dikandungnya.

Timing/waktu

Lebih sering makan lebih baik dari pada menunda lapar. Ya sebaiknya kita patuhi jadwal makan seperti sarapan, makan siang dan makan malam. Ketika kita sering makan, maka proses metabolismenya juga lebih tinggi. Ketika kita makan jarang, tubuh kita pun akan mengenal frekuensi makan yang jarang. Makan yang jarang merupakan tanda bahaya adanya kelaparan. Apa yang terjadi ketika kita kelaparan? Ketika kita kelaparan maka tubuh akan mengorbankan ototnya untuk mengganti tenaga yang hilang. Padahal otot adalah bagian terpenting dalam proses pembakaran. Orang yang mempunyai otot yang banyak maka proses pembakarannya akan lebih banyak disbanding orang yang tidak mempunyai otot banyak.

Ada pertanyaan : kenapa saya dan saudara saya yang porsi makannya sama-sama banyak tetapi saya mempunyai berat badan yang berlebih sedangkan dia fine-fine saja dengan penampilannya? Nah, disinilah otot berperan! Seseorang yang mempunyai komposisi otot yang banyak maka dia akan mengalami proses pembakaran yang lebih optimal, dibandingkan dengan seseorang yang tidak mempunyai komposisi otot yang banyak.

Bagaimana agar kita mempunyai otot? Jawabannya yaitu dengan mengkonsumsi protein dan serat, berlatih fitness atau latihan beban, dan jangan sampai kita makan ketika lapar. Ada beberapa orang mengira bahwa sarapan pagi itu tidak penting, ini pemikiran yang salah. Pagi itu penting untuk sarapan ibarat mengendarai sebuah mobil, maka sarapan sama halnya seperti menyalakan mesin. Jika mesin mobil tidak dinyalakan terlebih dahulu apa yang terjadi? Error yang terjadi.

Jumlah

Memakan sayur-sayuran dan buah yang mengandung banyak serat boleh dikonsumsi secara banyak karena kalori yang terkandung dalam sayur dan buah segar berjumlah sedikit.Biasakan kita mengkonsumsi makanan yang alami. Boleh saja kita sekali-kali kita memakan makanan yang paling kita sukai entah itu donat atau pun es krim. Tapi focus kita tetap pada tujuan untuk mencapai kesehatan dan mempunyai tubuh ideal. Oleh karena itu 90 % mari kita taati pola makan yang benar dan 10 % nya kita rayakan untuk menikmati makanan-makanan yang ingin kita makan.
Diet itu sebaiknya berlangsung seumur hidup. Kita harus mulai peka terhadap kesehatan tubuh kita. Apabila kita tidak menjaganya sekarang juga, boleh jadi besok kita tertimpa penyakit. Penyakit itu datang karena ada pencetusnya!. Insyallah kita tidak akan terkena penyakit jika kita pandai menjaga diri, menjaga dari pola makan, kebersihan,olahraga,jauh dari stress dll. Sehat itu sebenarnya murah dan dapat kita lakukan dengan mudah! Dan menjadi pesakitan itu memerlukan biaya yang mahal, Karena harus bolak-balik ke dokter.

Tips dari saya :

-         Luangkan waktu untuk melakukan aktifitas gerak                
-         Mengatur pola makan
-         Istirahat
-         Latihaan beban

Oh ya, kenapa dinegara china maupun jepang banyak yang berusia diatas 100 tahun? Ada seorang lelaki yang usianya sudah tua tetapi terlihat masih muda, beliau sangat memperhatikan kesehatannya dan mengatur pola makannya sedemikian baik. Beliau  mengatakan “ takdir ditangan Allah tapi usia ditangan kita”  setuju sekali apa yang dikatakan lelaki itu, usia itu dipengaruhi oleh kualitas kesehatan kita. Bagaimana pola hidup kita akan membuat usia harapan hidup menjadi lebih panjang.
Jadi, diet itu bukan hanya bermanfaat untuk menghindari obesitas namun juga kita dapat menunda penuaan dini, terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya dan memperpanjang usia harapan hidup. So…, yuk  hidup sehat dari sekarang… 

         
    by : Alya chen        
 
        


Tidak ada komentar:

Posting Komentar