Jumat, 18 Oktober 2013

HIPPOCRATES


Sejarawan menyetujui bahwa Hipprocrates hidup sekitar  tahun 460 BC di kepulauan Yunani, dan menjadi seorang duta dalam bidang kesehatan melawan  aparat penentang di Yunani. Dalam penentangan ini  beliau dengan penuh kesabaran dan tangguh mendekam kalimat  selama 20tahun sejak ia menulis secara baik pengetahuan kesehatan dalam judul  ‘ The complicated body’. Pengaruhnya sangat besar dalam perkembangan kesehatan sehingga sekarang telah kita tahu bahwa yang  diajarkannya menjadi kenyataan. Walaupun ada beberapa yang keliru.
Shoronus of ephasus, hidup pada abad ke -2 ginekologis Yunani, Hippocrates adalah penulis biografi pertama dan yang merupakan sumber paling mengetahui informasi tentangnya. Informasi tentang hipprokrates juga dijumpai dalam tulisan Aristotele yang hidup pada masa abad ke 4 BC, di Suda pada 10th abad AD
Soronus menulis bahwa ayah dari Hipprokrates yaitu Haraclades, seorang fisikawan. Dan ibunyaadalah Praxitela, saudara perempuan dari Tizane. Dua saudara lelaki dari Hippokrates yaitu Thessalus dan Draco, dan anaknya yang bungsu adalah pyolsibu, pada saat itu dia adalah siswa. Sesuai dengan Galen, fisikawan selanjutnya.polybus merupakan Hippocrates yang benar-benar sukses. Saat Tessalus dan darco mempunyai anak bernama Hippocrates
Soronus mengatakan bahwa Hippocrates mempelajari ilmu kesehatan dari ayah dan kakeknya dan mempelajari bagian lainnya bersama subjek yang berbeda, yaitu dengan Democritus dan Gorgias. Kemungkiinan Hippocrates mempelajarinya pada asklepioion of cos, dan mendapatkan pelajaran dari Herodicus of selymbria. Plato menyebutkan Hippocrates dalam dua dialognya Protagoras, dimana Plato mendeskripsikan Hippocrates seperti “ Hippocrates of kos, the asclepiad” and paedrus ketika Plato mensugestikan bahwa :Hippocrates the asclepiad” mengira bahwa pengetahuan komplit tentang nature of the body sangat penting untuk ilmu kedokteran. Hippokrates berfikir dan juga mempraktekan ilmu kedokterannya dalam kehidupannya, melakukan perjalanan sedikit dan sejauh seperti Thessaly, Trace, dan laut marmara.beberapa perbedaan penghitungan hari kematiannya: beliau meninggal kemungkinan di Larissa pada usia 83tahun, 85, atau 90tahun, dan beberap mengatakan beliau hidup lebih dari 100tahun.

Teori Hippocrates :
Dengan segala kehormatan Tuhan, tidak ada lagi rahasia daripada penyakit lain, akan tetapi sebuah sebab alami yang telah dilakukannya sehingga mempengaruhi. Seseorang menghormati kealamian seperti adanya Tuhan dari ketidakpedulian dan kebingungan.
Hippocrates merupakan orang pertama yang mempercayai bahwa terjadinya sebuah penyakit adalah alami, bukan karena tahayul dan Tuhan. Beliau menerapkan disiplin dari Pytagoras tentang philosopi kesembuhan dan ilmu kedokteran. Beliau memisahkan antara kedisiplinan ilmu kedokteran dan religiusitas, mempercayai dan berargumen bahwa penyakit bukan merupakan hukuman  yang dikirim dari Tuhan, melainkan dari factor lingkungan, pola makan, dan kebiasaan hidup. Tentu saja apa yang telah disebutkan bukanlah satu-satunya sumber dari misteri keseluruhan the Hippocratic corpus. Walau bagaimanapun Hippocrates mengerjakan pekerjaannya dengan banyak keyakinan dasar yang sekarang diketahui ternyata salah, Anatomy, dan phsycology seperti Humarism.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar