Sabtu, 07 Februari 2015

PENYAKIT ASMA PADA KEHAMILAN


           
    
PENYAKIT ASMA
1.      Definisi
Asma merupakan suatu penyakit gangguan jalan nafas obstruktif intermiten yang bersifat reversible, ditandai dengan adanya bronkopasme, peningkatan respon trakea dan bronkus terhadap berbagai rangsangan yang menyebabkan penyempitan jalan nafas.
2.      Pengobatan norfarmakologik.
Dapat dilakukan dnegn memberikan  penyuluhan, menghindari faktor pencetus, pemberian cairan, fisiotherapi, dan pemberian O2 bila perlu.
3.      Pengobatan farmakologik
Perubahan-perubahan fisiologis yang diketahui berpengaruh terhadap perjalanan asma bronkiale antara lain perubahan-perubahan  berupa membesarnya uterus, elevasi diagfragma, hormonal, perubahan –perubahan pada mekanik paru-paru dan lain-lain.
Insiden hiperemis, perdarahan, toksema gravidarum, induksi persalinan dengan komplikasi dna kematian ibu secara bermakna lebih sering terjadi dibandingkan dnegan ibu-ibu hamil  tanpa penyakit asma bronkiale.
Bermacam-macam obat-obatan yang dipakai didalam penatalaksanaan ibu dengan asma bronkiale. Sebagian diantaranya tidak mempunyai  pengaruh yang merugikan terhadap  kehamilan, namun sebagian lagi diantaranya dapat memberikan pengaruh yang sebaliknya sehingga pemakaiannya harus hati-hati dan hanya atas indikasi-indikasi tertentu saja.
Pada kasus kehamilan disertai asma  bronkiale memerlukan ANC yang lebih  intensif dengan kolaborasi  bersama dokter spesialis.Penjelasan mengenai penyakit asma , bagi pasien sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan ibu dan bayinya. Pemberian asuhan kebidanan sendiri disesuaikan  dengan tingkatan penyakit asma yang dideritanya.
Asma merupakan penyakit alergi, hal terpenting untuk menghindarinya adalah  menghindaari factor pencetus alergi tersebut, siapkan selalu obat anti asma, pada umumnya penderita asma dapat melahirkaan pervaginam, jenis pertolongannya sendiri harus berkolaboraasi dengan dokter spesialis untuk menentukan tindakan segera pabila ada, persalinan disesuaikan dengan berat ringannya penyakit asma sendiri, prinsip dasar asuhan kebidanan sesuai dnegan tindakan asma klien sarankan untuk memeriksakan ke dokter spesialis secara rutin, perhatikan dalam pemberian obat. Beri dukungan emosional pada ibu agar tidak stress.
Prinsip dasar asuhan kebidanan pada ibu bersalin disertai penyakit asma bronkiale: pada dasarnya pasien yang memiliki penyakit asma dapat melahirkan pervaginam, kolaborasi dengan dokter spesialis, tentukn jenis asma yang dideritanya, pantau kondisi kesejahteraan ibu dan janin secara intensif, persiapkan kemungkinan bayi hipoksia. ( Ai Yeyeh Rukiyah, Asuhan Kebidanan 4 Patologi. Hal : 100-102)

DAFTAR PUSTAKA
Ai Yeyeh Rukiyah.2010. Asuhan kebidanan 4 Patologi. Jakarta: Tim



           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar