Senin, 10 Februari 2014

PENUAAN DINI, BAGAIMANA MENGHINDARINYA?

TANDA-TANDA PENUAAN DINI


1. Gangguan ingatan/pikun

- kafein memudahkan anda mempelajari sesuatu dan menyimpannyadalam bank memory secara efisien
- mengajar bisa menyelamatkan otak.anda akan lebih mudah menyimpan informasi jika menjelaskannya pada orang lain. sejauh mana anda dapat menyimpan informasi secaraefektif membuktikan sejauh mana anda berhasil menyerap informasi tersebut. terus mempelajari hal-hal baru akan menurunkan resiko berkembangnya gangguan memori.
- berikan nutrisi pada otak, asam-asam, omega 3 akan menjaga aliran arteri tetap lancar, memperbaiki fungsi pengiriman pesan oleh neurotransmiter.
- berolahraga akan memelihara  fungsi neurokognitif dengan menurunkan ekspresi gen Apo E4 sehingga membantu membersihkan plak beta-amiloid yang mengotori kawat listrik otak anda.
- hilangkan racun dikehidupan anda; MSG, pemanis buatan, obat golongan statin dll.
- menceritakan lelucon, humor memberikan efek berharga bagi otak.

2. Indra pencium dan indra perasa menjadi kurang sensitif
dengan bertambahnya usia, indra perasa menjadi kurang sensitif dalam mengecap rasa dan mengenali tekstur tertentu seperti permukaan benda yang berminyak. kondisi tersebut terjadi akibat kemunduran fungsi syaraf yang bertugas mengenali rasa, atau penyebab lain seperti mulut kering membuat makanan terasa hambar.
- minum lebih banyak 8X 250ml air membantu mengatasi rasa lapar, pernafasan yang buruk, dan mencegah kekeringan dimulut

3. Menopouse. penurunan hormon seks (ovarium tidak lagi menghasilkan sel telur yang siap dibuahi)
- mengkonsumsi kedelai. kedelai mengandung lebih dari 50 zat mirip estrogen (fitoestrogen0 yang dapat mempengaruhi ketiga reseptor estrogen untuk kesehatan uterus dan payudara, kekuatan tulang erta stabilitas arteri.

4. Keriput, penuaan kulit.

kekurangan nitrogen monoksida dapat meningkatkan penuaan kulit. menstimulasi nitrogen monoksida adalah salah satu jalan untuk meningkatkan kesadaran karena sirkulasi darrah yang baik penting untuk membuat kulit tetap awet muda.
- bernafas lewat hidung membuat anda memperoleh gas nitrogen monoksida
- sinar-sinar yang dapat menyebabkan kulit rusak yaitu UVA dan UVB. meskipun sinar UVB bertahan dipermukaan kulit, ia masih mampu membakar dan menyebabkan kanker. sinar UVA menembus jauh kedalam kulit dan menyebabkan kulit terbakar, berkerut dan mengalami kanker kulit.

5. Gangguan penglihatan
memandang ke arah jauh adalah untuk melatih mata agar tidak rabun jauh, seperti melihat bulan, bintang, cakrawala maupun melihat hamparan padi yang membentang hijau
- hindari sinar UV, kacamata hitam membantu melindungi mata and.
- berikan nutrisi bagi mata anda. zat seperti lutein, vitamin C dan glutation sangat penting untuk mata. lutein terdapat pada  sayur seperti bayam, sayuran hijau, dan jagung. Glutation terdapat pada telur, bawang putih, alpukat, asparagus, bawang merah dll. glutation merupakan zat pemusnah radikal bebas. vitamin C terdapat pada bahan makanan berwarna seperti merah kuning atau orange.

6. Osteoporosis
- memperoleh vitamin K khusus yaitu K2. k2 dapat membantu memindahkan kalsium dari sirkulasi darah ke tulang apabila tulang kekurangan kalsium. K2 terdapat pada : keju, ayam, susu dan yogurt.
- hindari minuman bersoda, karena mempercepat pengikisan tulang
- musuh kalsium yaitu garam, so.. jangan tambahkan garap terlalu banyak pada makanan yang anda konsumsi. natrium mempengaruhi keseimbangan kalsium dengan meningkatkan ekskresinya. musuh lainnya yaitu alkohol dan rokok.
- membangun masa tulang diusia 20-an dan melakukan latihan beban untuk mengantisipasi kehilangan tulang sedini mungkin.

7. Tuli (Presbycusis). Orang yang tuli sering mengucapkan kata-kata : "Hah???"  "Apa???" "Maaf???" "Anda bicara padaku???"
- lindungi telinga anda, hindarkan dari kebisingan
- cotton buds akan membuat gendang telinga berlubanng, itu tidak baik.
- nutrisi bagian telinga : folat dan asam fitokimia bermanfaat bagi fungsi pendengaran, ia terdapat pada sayuran hijau

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar