Rabu, 12 November 2014

FORMULA MEMULAI PEMBICARAAN


Dasar percakapan yang sukses
1.      Jujur
2.      Sikap yang tepat
3.      Tertarik pada orang lain
4.      Terbuka

Berbicara itu seperti main golf, menyetir mobil atau punya sebuah toko—semakin sering dilakukan semakin mahir dan senang karenannya. Namun, Anda harus memahami dasar-dasarnya terlebih dahulu.

Katakan pada mereka perasaan yang Anda alami. Misalnya  seorang rekan Anda yang  merupakan penyiar berita  sedang sakit dan ia memberitahu Anda untuk menggantikannya dalam sebuah siaran berita. Apa yang Anda lakukan? Bisakah Anda perform tanpa berlatih terlebih dahulu (mengingat Anda adalah seorang penyiar baru), yang harus Anda katakan adalah hal yang sejujurnya terjadi.  Seperti “ beberpa waktu yang lalu saya sedang berjalan di hall, disini, NBC News tiba-tiba ada seseorang yang menarik saya, memberi saya lembaran kertas, Mr Brokaw sakit. Kau saja yang siaran 

Formula sukses lainnya yaitu sikap yang tepat—yaitu kesediaan untuk berbicara meski awalnya tidak begitu menyenangkan—merupakan rumusan dasar lain untuk menjadi pembicara yang baik.  Dua komitmen yang harus anda lakukan :
1.      Bertindak tepat dalam berbicara
2.      Meningkatkan kemampuan berbicara dengan berlatih keras

Anda juga bisa berlatih sebagai pembicara. Selain membaca buku dan menonton video tentang  cara berbicara, banyak hal yang bisa anda lakukan. Anda bisa bicara keras-keras dirumah. Anda tidak perlu merasa malu karena tidak ada siapapun disekitar anda. Anda dapat melakukannya juga walaupun anda tidak sendirian. Anda bisa menyendiri dikamar. Karenanya anda bisa berlatih bicara dengan baik.

Selain punya niat berlatih, Anda butuh setidaknya  dua hal lagi agar bisa menjadi seorang ahli bicara yang baik : tertarik pada orang lain dan bersikap terbuka
Ketika Anda berbicara dengan seseorang, tumbuhkan rasa sikap tertarik bahwa Anda senang berbicara dengannya dan condongkan badan Anda ke depan. Hormati lawan bicara Anda. Tataplah matanya. Anda tidak dapat bicara pada orang lain dengan lancar jika mereka rasa Anda tidak tertarik pada perbincangan mereka atau tidak hormat pada mereka.

Rumusan terakhir sukses yaitu bersikap terbuka saat bicara pada orang lain, setiap orang  menyukai kejujuran.  Sebaiknya Anda terbuka dan bersikap jujur pada lawan bicara sebagaimana  Anda inginkan mereka terbuka dan jujur.Ini bukan berarti anda harus bicara tentang diri Anda  atau membuka rahasia pribadi Anda.

By : Alya Chen
(Hasil rangkuman dari buku karya  B. Gilbert bermerangkum judul Speaking Road to Success)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar