Jumat, 21 Agustus 2015

GUMOH PADA BAYI


Gumoh (regurgitasi ) terjadi akibat susu atau makanan yang baru saja diminum atau dimakan kembali dikeluarkan melalui lambung. hal tersebut akibatbelum sempurnanya kerja katup yang membuka-tutup jalan antara esofagus dan lambung . kondisi ini wajar ditemukan  pada bayi dan akan berkurang  hingga menghilang saat berusia 6 bulan-satu tahun.

Bedakan gumoh dan muntah. saat gumoh umumnya bayi tampak tidak menyadarinya  dan jumlah susu atau makanan  yang dikeluarkannya tidak sebanyak saat muntah.

Gumoh pada bayi akibat lambung tidak dapat menampung air susu terlalu banyak. bayi usia 1 hari memiliki lambung sebesar buah cerry, pada bayi usia 3 hari lambungnya yaitu seperti kacang walnut atau buah kelengkeng, usia 1 minggu sebesar  telor puyuh sedangkan usia 1 bulan sebesar telor ayam. 



Tips mencegah gumoh
1. Susui bayi dalam posisi yang benar. Lebih baik kurangi porsi menyusuinya tapi dengan frekuensi yang lebih sering. Ingat lambung si kecil berukuran sangat kecil

2. Usai menyusu jangan langsung ditidurkan sebaiknya sendawakan terlebih dahulu.
naikan sedikit tempat tidur bagian atas sehingga letak kepala dan leher bayi menjadi lebih tinggi dari pada badannya
3. Jika si kecil sudah bisa duduk dan berdiri  biasanya frekuensi gumoh akan berkurang dengan sendirinya karena cairan  lebih mudah turun dan juga penutup lambung si kecil akan semakin sempurna.

By: Alya Chen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar