BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang
Komunikasi merupakan seni
penyampaiaan informasi (pesan, ide, sikap, atau gagasan) dari komunikator atau
penyampaian berita, untuk mengubah serta membentuk perilaku komunikasi atau
penerima berita (pola, sikap, pandangan, dan pemahamannya), kepola dan
pemahaman yang dikehendaki bersama.
Menurut
Taylor (1993) mengemukakan komunikasi adalah proses pertukaran informasi atau
proses yang menimbulkan dan meneruskan makna atau arti, berarti dalam
komunikasi terjadi penambahan pengertian antara pemberi informasi dengan
penerima informasi sehingga mendapatkan pengetahuan.
Komunikasi harus dilakukan secara
efektif agar komunikasi itu dapat mudah di mengerti oleh komunikan, komunikasi
yang efektif dapat dilakukan apabila seseorang yang berkomunikasi memahami
tentang pengertian dari komunikasi efektif, proses komunikasi efektif dan
unsur-unsur komunikasi efektif.
Pada makalah kali ini akan
disampaikan tentang pengertian komunikasi efektif, proses komunikasi efektif
dan juga unsur-unsur yang ada pada komunikasi efektif.
B.
Rumusan
masalah
a. Apa
pengertian dari komunikasi efektif?
b. Bagaimana
proses dari komunikasi efektif?
c. Apa
saja unsur-unsur yang ada dalam komunikasi efektif?
C.
Tujuan
a. Mahasiswa
mampu menjelaskan tentang pengertian dari komunkasi efektif
b. Mahasiswa
mampu menjelaskan tentang proses dari komunikasi efektif
c. Mahasiswa
mampu menjelaskan tentang unsur-unsur komunikasi efektif
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Komunikasi efektif
Komunikasi efektif yaitu komunikasi yang
mampu menghasilkan perubahan sikap ( attitude change) pada orang yang terlibat
dalam komunikasi.
Komunikasi efektif memungkinkan
seseorang dapat saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap
antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai dengan harapan .
Tujuan komunikasi efektif adalah memberi
kemudahan dalam memahami pesan yang disampaikan antara pemberi dan penerima
pesan. Sehingga tercipta feed back yang baik antara pemberi dan penerima pesan.
B.
Proses
komunikasi efektif
Suksesnya proses komunikasi sehingga
dapat menghasilkan komunikasi yang efektif tentu saja dipengaruhi oleh banyak
factor baik itu factor komunikator maupun dari komunikan. Faktor dipengaruhi
antara lain :
1. Pesan yang dirancang dan disampaikan
sedemikian rupa, sehingga dapat menarik perhatian komunikan. Untuk meracang
suatu pesan yang dapat menarik perhatian ini sebaiknya sebagai komunikator
harus mencari tahu dulu karakteristik orang yang akan kita beri pesan. Selain
itu komunikator harus mempunyai kemampuan sebagai penyampai pesan yang menarik
dan mudah dipahami.
2. Pesan harus menggunakan
lambang-lambang tertuju kepada pengalaman yang sama antara komunikator dan
komunikan, sehingga sama-sama mengerti. Sebaiknya pesan disampaikan dengan
beberapa metode dan tidak hanya secara lisan. Pesan yang disampaikan dengan
melibatkan beberapa panca indera misalnya dapat dilihat, didengar, diraba akan
lebih mudah dimengerti daripada pesan itu hanya
disampaikan secara lisan.
3. Pesan harus membangkitkan kebutuhan
pribadi komunikan dan menyarankan beberapa cara untuk memperoleh kebutuhan
tersebut. Jadi pesan harus sesuai harapan atau sesuai kebutuhan penerima pesan.
Pesan yang disampaikan akan terasa membosankan dan tidak ada arti bagi penerima
pesan apabila pesan itu tidak dibutuhkan.
4. Pesan harus menyarankan suatu jalan
untuk memperoleh kebutuhan dimana komunikan digerakkan untuk memberikan
tanggapan sesuai yang dikehendaki. Solusi pemecahan masalah harus dikemukakan
untuk dapat membantu klien keluar dari masalahnya.
5. Pesan yang dirancang dan disampaikan
sedemikian rupa, sehingga dapat menarik perhatian komunikan. Untuk meracang
suatu pesan yang dapat menarik perhatian ini sebaiknya sebagai komunikator
harus mencari tahu dulu karakteristik orang yang akan kita beri pesan. Selain
itu komunikator harus mempunyai kemampuan sebagai penyampai pesan yang menarik
dan mudah dipahami.
Komunikasi dapat dikatakan efektif
apabila memenuhi 3 hal berikut :
1. Pesan dapat diterima dan dimengerti
serta dipahami sebagaimana yang dimaksud oleh pengirimnya.
2. Pesan yang disampaikan oleh pengirim
dapat disetujui oleh penerima dan tindak lanjuti dengan perbuatan yang diminati
oleh pengirim.
3. Tidak ada hambatan yang berarti
untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk menindak lanjuti pesan yang
dikirim
C.
Unsur-unsur
komunikasi efektif
Dalam proses komunikasi untuk
mendapatkan hasil yang efektif perlu diperhatikan unsure-unsur dari komunikasi,
yaitu :
1. Komunikator
( pandai menggunakan bahasa, intonasi, symbol dan mimic yang menarik, simpati
dan empati dari komunikannya )
2. Pesan
( cara penyampaian, isi pesan sesuai dengan kebutuhan dan diminati oleh
komunikan )
3. Media
( sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan dan sesuai dengan kebutuhan
komunikan)
4. Perhatikan
gangguan-gangguan yang mungkin akan menghambat proses komunikasi
5. Komunikan
(latar belakang dan lain-lain)
6. Pengaruh
atau umpan balik (yang diharapkan atau tujuan penyampaian pesan)
Keenam unsur komunikasi harus saling
berhubungan dalam menyampaikan pesan agar dapat menjadi komunikasi efektif.
D.
Prinsip
Dasar Komunikasi Efektif
1. Respect
(respek)
Respect
adalah perasaan positif atau penghormatan diri kepada lawan bicara. Anda
menghargai lawan bicara sama halnya menghargai diri sendiri. Prinsip
menghormati ini harus selalu anda pegang dalam berkomunikasi.
2. Empaty
(empati)
Empaty
adalah kemampuan untuk menempatkan diri pada situasi atau kondisi yang tengah
dihadapi orang lain. Anda mampu merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain,
sehingga komunikasi akan terjalin dengan baik sesuai dengan kondisi psikologis
lawan bicara anda.
3. Audible
(dapat didengar)
Audible
mengandung makna pesan yang harus dapat didengarkan dan dapat dimengerti. Dalam
hal ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, yaitu :
Pertama,
pesan harus mudah dipahami, menggunakan bahasa yang baik dan benar. Hindari
bahasa yang tidak dipahami oleh lawan bicara.
Kedua,
sampaikan yang penting.pastikan yang penting. Sederhanakan pesan anda. Langsung
saja pada inti persoalan
Ketiga,
gunakan bahasa tubuh anda. Mimik wajah, kontak mata, gerakan tangan dan posisi
badan bisa dengan mudah terbaca oleh lawan bicara anda. Tunjukan kesejatian
anda dengan mengoptimalkan bahasa tubuh dan pesan.
Keempat,
gunakan ilustrasi atau contoh.karena analogi sangat membantu dalam menyampaikan
pesan.
4. Clarity
(klariti)
Clarity
adalah kejelasan dari pesan yang kita sampaikan. Salah satu penyebab munculnya
salah paham antara satu orang dengan yang lain adalah informasi yang tidak
jelas yang mereka terima.
5. Humble
(rendah hati)
Sikap
rendah hatianda rendah diri, rendah hati memberi kesempatan kepada orang lain
untuk berbicara terlebih dahulu, dan anda menjadi pendengar yang baik bentuk.
E.
Bentuk
Komunikasi Efektif
1. Komunikasi
verbal efektif
a. Berlangsung
secara timbal balik
b. Makna
pesan ringkas dan jelas
c. Bahasa
mudah dipahami
d. Cara
penyampaian mudah diterima
e. Disampaikan
secara tulus
f. Mempunyai
tujuan yang jelas
g. Memperlihatkan
norma yang berlaku
h. Disertai
dengan humor
2.
Komunikasi Non Verbal
Yang perlu diperhatiakan dalam
berkomunikasi nonverbal adalah :
a. Penampilan
fisik
b. Sikap
tubuh dan cara berjalan
c. Ekspresi
wajah
d. Sentuhan
Hal-Hal
Yang Perlu Diperhatikan Dalam Komunikasi Efektif
a. Berkomunikasi
pada suasana yang menguntungkan
b. Menggunakan
bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti
c. Pesan
yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat dipihak komunikan
d. Pesan
dapat menggugah dipihak komunikan yang dapat menguntungkannya
e. Pesan
dapat menumbuhkan sesuatu penghargaan atau reward dipihak komunikan
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pada
dasarnya komunikasi itu sangat penting bagi setiap orang, apalagi bagi
mahasiswa kebidanan. Karena selain dituntut agar cakap berbicara dan
berkomunikasi, seorang bidan juga harus mampu berkomunikasi secara
berkesinambungan. Proses untuk berkomunikasi efektif pun banyak dengan
menggunakan media-media lain. Dari proses pertukaran informasi dan ide tersebut
akan menghasilkan feed back, sehingga dapat merubah sikap dan perilaku yang
sebelumnya menyimpang.
B.
Saran
Semoga
dari makalah yang telah kelompok kami buat, dapat bermanfaat dan bisa di
aplikasikan pada masyarakat nanti. Juga dapat menjadi bahan referensi untuk
tugas berikutnya yang berhubungan dengan komunikasi juga untuk mahasiswa lain
yang membutuhkan informasi mengenai materi komunikasi efektif.
DAFTAR PUSTAKA
Christina
lia uripni, untung sujianto, tatik indrawati. (2003). Komunikasi kebidanan. EGC. Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar